SIGIMBANG : Permainan Edukasi Kesehatan “Kartu Sigimbang”

 

Sigimbang merupakan kepanjangan dari sehatkan diri dengan gizi seimbang. Sigimbang merupakan sebuah media permainan yang berkaitan dengan makanan bergizi dan perilaku sehat. Permainan edukasi ini merupakan inovasi dari Begesah Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin yang diilustrasikan oleh sobat begesah kita “Shafira Rizkia Arrahmah”.

Cara bermain kartu Sigimbang yaitu :

  1. Kumpulkan semua kartu sigimbang menjadi satu tumpukan, lalu kocok secara acak.
  2. Bagikan empat kartu sigimbang secara acak ke masing masing pemain. Sisa kartu dapat ditaruh di tengah. Jumlah pemain minimal 2 orang.
  3. Mulai permainan dari pemain yang ditunjuk secara bergiliran dengan cara diundi atau bisa dengan hompimpa.
  4. Pemain pertama dapat meminta kartu sigimbang kepada pemain lain.
  5. Untuk meminta kartu, pemain pertama harus menyebutkan nama kelompok kartu. Misalnya Karbo Hebat atau Lemak Baik atau Protein Keren atau Vitamin Bugar atau Perilaku Sehat atau Minuman Segar atau juga GGL Harian.
  6. Jika pemain lain memiliki kartu yang diminta, maka harus menyerahkan kartu tersebut kepada pemain yang memintanya.
  7. Namun jika tidak ada yang punya kartu tersebut sama sekali maka pemain mengambil satu kartu dari tumpukan kartu yang ada.
  8. Selanjutnya giliran berpindah ke pemain berikutnya.
  9. Setiap pemain berusaha mengumpulkan empat kartu dalam satu kelompok. Jika ada yang berhasil mengumpulkan kelompok Karbo Hebat/Lemak Baik/Protein Keren/Vitamin Bugar/Perilaku Sehat/Minuman Segar dan atau GGL Harian maka letakkan keempat kartu dalam satu kelompok tersebut dihadapannya. Lalu ia akan membacakan penjelasan dari kelompok kartu tersebut dan akan mendapatkan satu nilai. Demikian seterusnya.
  10. Permainan berakhir ketika seorang pemain telah kehabisan kartu dan tidak ada kartu sisa di tumpukan. Pemain dengan nilai terbanyak adalah pemenangnya.

Selamat bermain

#sigimbang#permainanedukatifkartusigimbang#sehatkandiridengangiziseimbang#inovasi#begesah#ruangbegesah#dinkesbanyuasin

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*