GEDISBERIAS : Lomba IVA Test Tingkat Provinsi tahun 2022

Lomba IVA Test Tingkat Provinsi Tahun 2022
Kabupaten Banyuasin menjadi salah satu nominasi peserta Lomba IVA Test Tingkat Provinsi tahun 2022 yang diwakili oleh kecamatan Banyuasin III. Dalam sambutannya asisten II menyatakan bahwa salah satu program Bupati Banyuasin adalah Banyuasin Sehat. Dengan inovasi daerah BEGESAH PKK sangat menaruh perhatian pada kesehatan kaum wanita, khususnya kesehatan reproduksi.

Dalam pelaksanaannya, inovasi ini mempunyai indikator yang ditetapkan. Indikator Kinerja Penunjang tersebut dilaksanakan di 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuasin. Sesuai arahan Bupati Banyuasin, 12 gerakan bersama masyarakat yang salah satunya adalah aksi Gedis Berias, maka setiap gerakan tersebut diminta untuk membuat Grup WhatsApp. Tujuannya untuk memudahkan komunikasi, dan mensinkronisasikan semua kegiatan. Dalam grup ini terdiri dari: Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Asisten 1, Kepala Bappeda Litbang, Para Camat, Dinas Kesehatan dan Kepala puskesmas.

Selanjutnya, kegiatan-kegiatan yang berhubungan inovasi Gedis Berias diupload ke Grup WhatsApp dan melaporkan cakupan dari masing-masing kegiatan dengan mengirimkan laporan maupun foto kegiatan untuk dilaporkan per triwulan ke Bupati. Sesuai pakta integritas yang sudah ditandatangani Camat. Dinas Kesehatan juga akan membagikan progres capaian tiap bulan, sehingga Camat selaku koordinator wilayah kecamatan bisa memantau capaian masing-masing kegiatan.

Sampai saat ini kanker serviks merupakan penyebab angka kesakitan dan kematian tertinggi di Indonesia. Selama ini TP PKK Kabupaten Banyuasin telah mensosialisasikan pemeriksaan IVA test dan Sadanis secara berjenjang mulai dari kecamatan, kelurahan, Desa sampai tingkat RW/RT sehingga manfaat IVA test dan Sadanis dapat dirasakan oleh masyarakat khususnya kaum wanita.
Inovasi Kabupaten yang mengusung inovasi Gedis Berias menjadi salah satu daya ungkit peningkatan capaian IVA Kabupaten Banyuasin. Kabupaten Banyuasin berhasil meraih Juara 3 lomba Pelaksana IVA Test Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2021 atas nama Desa Karang Anyar Kecamatan Sumber Marga Telang.  Pencapaian ini juga berdampak dengan diundangnya Kabupaten Banyuasin melalui Penanggung Jawab program IVA di Puskesmas Muara Telang Kecamatan Sumber Marga Telang mengikuti kegiatan “Penguatan Penyelenggaraan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara” yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan di Bogor, 7-9 Oktober 2021. Semua ini tak luput dari dukungan Pemerintah Kabupaten Banyuasin, TP PKK Kabupaten Banyuasin, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin dan lintas sektor terkait lainnya serta tak lupa kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas para pejuang IVA Puskesmas beserta jejaring nya. Capaian ini bukan cita-cita tertinggi dari Dinas Kesehatan namun yang paling utama adalah bahwa IVA dilakukan secara masif agar wanita Banyuasin sehat dan bebas dari Kanker Leher Rahim.
Menjadi juara bukanlah tujuan utama dari kegiatan lomba IVA Test namun yang utama adalah bagaimana seluruh masyarakat benar-benar menyadari akan pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat dalam menunjang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sehari-hari. Dengan berperilaku hidup bersih dan sehat diharapkan akan menurunkan angka kesakitan suatu penyakit baik penyakit menular dan penyakit tidak menular yang pada akhirnya akan memperpanjang usia harapan hidup masyarakat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*