Dalam upaya penanganan dan penurunan angka stunting, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas-Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Banyuasin. Salah satu programnya ialah BEGESAH “GEMAR POSTING”.

Gemar Posting (Gerakan Makan Telur dan Ayam di Posyandu untuk Mencegah Stunting). Inovasi bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan perubahan perilaku masyarakat mengenai pentingnya gizi terutama protein bagi pertumbuhan balita sehingga dapat menurunkan resiko anak yang stunting.

Inovasi tentang Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbasis pangan lokal untuk menanggulangi masalah stunting pada balita di Posyandu berupa makanan mengandung protein berupa olahan telur dan ayam yang diberikan kepada balita yang disiapkan oleh kader posyandu.

Tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan merubah perilaku masyarakat mengenai pentingnya asupan gizi yang tepat terutama yang bersumber protein bagi pertumbuhan balita sehingga dapat menurunkan resiko stunting pada anak balita.

Alhamdulillah, pada tanggal 9 November 2021, Kabupaten Banyuasin mendapat juara 1 dalam penilaian kinerja dalam pelaksanaan konvergensi intervensi penurunan stunting terintegrasi di Provinsi Sumatera Selatan tahun 2020. Ini semua berkat kerjasama tim work yang luar biasa. Tidak hanya melibatkan Dinas Kesehatan semata tetapi semua puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Banyuasin serta diintegrasikan dengan Kecamatan dan Desa sehingga dalam upaya ini semuanya bergerak dalam menurunkan angka stunting ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *