Rapat Koordinasi Persiapan BLUD BLUD Rumah Sakit Daerah dan Puskesmas rangkaian acara dibuka resmi Kepala Dinas Kesehatan Dr. dr. Rini Pratiwi, M.Kes. Dengan peserta seluruh Kepala UPT Puskesmas Se Kabupaten Banyuasin, Direktur RSUD Banyuasin, Direktur RS Pratama Sukajadi, Direktur RS Pratama Makarti Jaya,  Kepala BPKAD, dan Asisten II Pemerintah Kabupaten Banyuasin. Senin 22 Maret 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Dr. dr. Rini Pratiwi, M.Kes.menekankan bahwa tujuan dibentuknya BLUD adalah peningkatan kinerja layanan sehingga diperlukan perubahan pola pikir pengelola BLUD demi terciptanya peningkatan kualitas layanan rumah sakit kepada seluruh masyarakat Kabupaten Banyuasin. Hal ini bisa dicapai apabila ada niat dan sinergi dari Puskesmas, RSUD, Dinkes, BPKAD dan Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

Dalam rangka pembentukan BLUD khusunya Puskesmas dan RSUD serta upaya untuk peningkatan kinerja layanan dengan tujuan kepada perbaikan kinerja keuangan. Selanjutnya juga disampaikan bahwa BLUD merupakan salah satu gambaran tentang Reformasi Keuangan Negara, dimana BLUD  merupakan wujud nyata dari pelaksanaan anggaran berbasis kinerja, penerapan tata kelola yang baik, kemandirian pengelolaan keuangan dan pelaksanaan pertanggungjawaban yang transparan.

Konsep BLUD adalah pencapaian peningkatan kinerja Puskesmas dan Rumah Sakit melalui fleksibilitas pengelolaan keuangan dan tata kelola yang baik. Dikemukakan juga dalam untuk gaji pegawai agar tidak terburu-buru menerapkan renumerasi dan sementara masih menggunakan perhitungan jasa medis.

Pada akhir rapat koordinasi ini mengingatkan bahwa BLUD adalah untuk meningkatkan kinerja bukan mengejar fleksibilitas pengelolaan keuangan. Implementasi BLUD yang baik menuntut perubahan pola pikir dari pengabil keputusan di Pemda, membuat perangkat-perangkat yang baik, pimpinan BLU mempunyai jiwa enterpreneurship dan terciptanya tata kelola BLUD yang baik.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *