Penilaian IVA Test dan Sadanis di Desa Taja Mulya Kecamatan Betung. 22 Maret 2021.  Inovasi dari Puskesmas Tj. Betung yaitu Gadis Cindo “Gerakan Deteksi IVA dan Sadanis”
Acara dibuka resmi Kepala Dinas Kesehatan Dr. dr. Rini Pratiwi, M.Kes. Dihadiri TP PKK Kabupaten Banyuasin, Polsek Betung, Camat Betung, Kades Taja Mulya, Ka.UPT PKM Tj. Betung, Ka.UPT. PKM Betung Kota dan Masyarakat.
Kepala Dinas Kesehatan Dr. dr. Rini Pratiwi, M.Kes., berterima kasih atas antusias dan partisipasi masyarakat selanjutnya mengajak kepada semua WUS (Wanita Usia Subur) untuk melakukan IVA Test. Dengan IVA test maka bisa diketahui apakah seseorang positif pra kanker (sebelum kanker) atau tidak. Apabila dari IVA Test diketahui hasilnya positif dimana biasanya ada tanda seperti bercak putih bukan berarti orang tersebut mengidap kanker leher rahim.

 

 

 

 

 

 

Tes IVA berfungsi untuk mencegah sekaligus mendeteksi dini kemungkinan wanita dewasa mengindap penyakit kanker serviks atau leher rahim. Sedangkan tes Sadanis untuk menghindari termasuk mengetahui kemungkinan terjangkitnya penyakit kanker payudara.

“Dengan ada bercak putih bukan berarti positif kanker, kita mulai mencurigai pra kanker artinya sebelum kanker. Ini sangat baik, sebelum terjadi kanker kita sudah tahu bahwa kita mengidap pra kanker dan bisa diobati langsung.
Sadanis adalah Pemeriksaan Payudara Klinis oleh petugas kesehatan terlatih di fasilitas kesehatan dengan Metode Mammografi. Mammografi adalah pemeriksaan payudara dengan sinar rontgen untuk menemukan kelainan pada payudara. Mammografi efektif digunakan pada wanita usia di atas 35 tahun dan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mammografi setahun sekali. Untuk usia di bawah 35 tahun dapat melakukan USG Payudara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *