Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin Dr. dr. Rini Pratiwi, M.Kes. membuka resmi Pertemuan Penyusunan Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) Tahun 2021, Dinas  Kesehatan Kabupaten  Banyuasin Tahun 2020. Bertempat di Opi Indah Hotel Jakabaring Kec. Rambutan Kabupaten Banyuasin. Jumat 27/11/2020

Laporan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan / PPTK Kasubbag Perencanaan Program  dan Pelaporan  Rosmala Dewi, S.Sos., MM.  Turut hadir Sekretaris Dinas dr. Renny Sahara, M.Kes., Plt. Kabid Yankesmas Suparsih, SKM., M.Kes.   Peserta diikuti oleh 45 peserta yang terdiri dari 33 orang Petugas Perencanaan Puskesmas dan 12 orang dari Dinas Kesehatan.

Narasumber kegiatan ini berasal dari Bappelkes Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Kesehatan ProvinsiSumatera Selatan, Bappeda dan Litbang Kabupaten Banyuasin, BPKAD Kabupaten Banyuasin,   Dinas  Kesehatan Provinsi  Sumatera Selatan.

Tujuan kegiatan :

  1. Melakukan koordinasi dalam upaya Penyusunan Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP)  Tahun 2021.
  2. Mengetahui informasi langsung dari narasumber mengenai perkembangan dan isu terkini  perihal Penyusunan Perencaan Tingkat Puskesmas.
  3. Mendapatkan masukan dari peserta pertemuan terkait dengan pelaksanaan, mencakup  tantangan dan hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan Penyusunan Perencanaan Tingkat  Puskesmas (PTP) Tahun 2021.
  4. Berbagi praktik pelaksanaan penyusunan Perencaan Tahun 2021.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin Dr. dr. Rini Pratiwi, M.Kes.  Dalam pidatonya menjelaskan apa itu Perencanaan adalah suatu proses kegiatan yang berurutan dan harus dilakukan untuk mengatasi permasalah dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan dengan memanfaatkan sumberdaya yang tersedia secara efektif dan efisien.   Perencanaan Tingkat Puskesmas untuk tahun yang akan datang dilakukan secara sistematis untuk mengatasi masalah atau sebagian masalah kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya.  PTP Terpadu adalah suatu pendekatan perencanaan tingkat puskesmas yang mana komponen perencanaan terpadu dari IMP dipakai sebagai dasar analisa semua program kesehatan dasar Puskesmas dan penentuan kelompok prioritas serta penentuan kegiatan terpilih untuk dimasukkan ke dalam Rencana Usulan Kegiatan (RUK) Puskesmas.

Diselenggarakan acara pertemuan penyusunan perencanaan tingkat puskesmas ini harus dilakukan secara cermat dan sistematis agar semua kegiatan di puskesmas dapat terakomodasi.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin Dr. dr. Rini Pratiwi, M.Kes. ” Saya harapkan semua Puskesmas memiliki inovasi yang membuat puskesmas menjadi terkenal masyarakat luas bukan hanya tempat berobat tetapi juga tempat berbagai kegiatan yang mendukung pembangunan kesehatan dan juga diharapkan akan ada banyak lebih banyak lagi inovasi sebagai program unggulan puskesmas”.

Kasubbag Perencanaan Program  dan Pelaporan Rosmala Dewi, S.Sos., MM.   Menurut hemat kami dengan keberlangsungan kegiatan Pertemuan Penyusunan Perencanaan Tingkat Puskesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin ini dengan penyempurnaan Musyawarah Perencanaan Tingkat Puskesmas (minimal wakil dari puskesmas 2 orang, yaitu 1 Orang Kepala Puskesmas terkait dengan kebijakan), dinilai sangat penting untuk menggali permasalahan mulai dari tingkat poskesdes, polindes dan pustu.

 

DOKUMENTASI KEGIATAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *