Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TPP PKK) Banyuasin bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin Melaksanakan Lomba pelaksana Inspeksi Visual Asetat (IVA) Test tingkat Kabupaten Banyuasin Tahun 2019.

Lomba ini dilaksanakan sebagai upaya menindak lanjuti kegiatan program kerja TPP PKK Kabupaten Banyuasin dibawah POKJA IV dengan tim penilai yang merupakan gabungan dari tim TP PKK dan Dinas Kesehatan Banyuasin. Tahun 2019 TPP PKK telah melaksanakan penilaian IVA Test Terbaik di 21 kecamatan yang mengikuti lomba tersebut, dan ini merupakan kegiatan kedua kalinya dimana pada tahun 2018 telah dilakukan penilaian sebanyak 6 Kecamatan.

TPP PKK Kabupaten Banyuasin berharap dengan dilaksanakannya lomba ini akan meningkatkan kesadaran dan minat wanita usia subur (WUS) yang berada di wilayah Kabupaten Banyuasin untuk memeriksakan kesehatan organ reproduksinya dalam upaya mendeteksi secara dini gejala kanker leher rahim yang menjadi pembunuh nomor dua bagi wanita setelah kanker payudara.

Selain itu juga untuk meningkatkan peran serta pemangku kebijakan serta sektor yang ada di masyarakat tingkat kecamatan dan desa dalam mendukung program kesehatan khususnya deteksi dini kanker rahim.

Lomba penilaian IVA Test diikuti seluruh kecamatan yaitu 21 kecamatan dimulai dari Maret hingga April 2019. Aspek yang dinilai antara lain dukungan kebijakan pelaksanaan IVA Test untuk masyarakat, pentingnya deteksi dini kanker leher rahim meliputi SK Camat, SK Kepala Desa / Lurah, surat edaran, kesepakatan dan sejenisnya.

Selain itu, Jumlah WUS 30-50 Tahun yang sudah mengikuti IVATest, media penyuluhan IVA test, pelaksanaan pelatihan/ orientasi IVA Test, pemetaan WUS yang dilakukan oleh TPP penyuluh dan penggerakan masyarakat untuk IVA Test, inovasi, kerjasama pihak swasta, serta pendanaan. Pemenang lomba akan diumumkan pada puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Kabupaten Banyuasin 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *