Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyuasin menyiapkan 5 (lima) UPT Puskesmas untuk persiapan posko kesehatan arus mudik dan balik Lebaran. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin dr. H. Masagus M. Hakim, M.Kes. mengatakan, Dinkes Kab. Banyuasin siap menghadapi persiapan arus mudik dan balik Lebaran tahun 2018.

“Kami siap. Posko-posko kesehatan akan dikomandoi oleh Dinas Kesehatan. ┬áKami juga mengerahkan tenaga dokter, tenaga perawat, tenaga kesehatan bidan dari UPT Puskesmas,” kata dr. H. Masagus M. Hakim, M.Kes. ┬ákepada Tim pengelola website dinkes pada Jumat pagi.

Sedikitnya ada 5 (lima) posko kesehatan yang akan didirikan oleh Dinas Kesehatan. Masing – masing posko itu, akan dijaga Tim kesehatan, dan satu unit mobil ambulans yang selalu siap siaga.

“Kita sudah membuat jadwal, ada 5 (lima) UPT Puskesmas. Posko yang dibuka ada 5 (lima) yaitu bertempat : Di Terminal Betung, UPT Farmasi depan Masjid Besar Jumhuriah Pangkalan Balai, Rumah Sakit Pratama Sukajadi, Simpang Jakabaring, dan di Pelabuhan Tanjung Api api,” sambungnya.

kata dr. H. Masagus M. Hakim, M.Kes menambahkan, posko kesehatan akan mulai dibuka, mulai H-4 hingga H+9.

“Mulai H-4 sampai H+9 posko kesehatan akan mulai dibuka. Kita juga sudah menyiapkan 5 ambulans UPT Puskesmas, dan RS rujukan. Karena posko ini hanya melayani kesehatan dasar,” sambungnya.

Selama libur Lebaran, ruang rawat inap puskesmas dan UGD RS tetap buka 24 jam. Saat ini, sedikitnya ada 33 puskesmas yang sudah punya rawat inap.

“Selain posko, kita juga akan melakukan pemeriksaan rutin kepada pengemudi atau sopir bus. Jadi kita akan jemput bola yang ada di Kabupaten Banyuasin. Kita periksa kesehatan sopirnya,” pungkas Hj. Suparsih, SKM., M.Kes., selaku koordinator PSC 119 Dinkes Banyuasin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *