Untuk meningkatkan koordinasi, pembinaan fasilitasi, advokasi dan dukungan untuk meningkatkan fungsi kinerja posyandu, maka diperlukan komitmen, kesamaan pemahaman dan kerjasama sehingga akan terjadi sinkronisasi dan kerjasama lintas sektor ditingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.  Untuk itulah Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan melakukan Pertemuan Koordinasi Pokjanal Posyandu Kabupaten / Kota Provinsi Sumatera Selatan di Kabupaten Banyuasin pada tanggal 02 Mei 2018 bertempat di Mess Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

Pertemuan Koordinasi ini dibuka oleh Ibu dr. Hj. Reny Sahara, M.Kes., selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin mengawali sambutan Kadinkes Kabupaten Banyuasin beliau menyampaikan, bahwa keberadaan dan peranan Posyandu dimanapun tidak bisa terlepas dari fungsi dan peranan mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kabupaten hingga tingkat Provinsi.  Karena pada tingkatan manapun menduduki posisi yang strategis  serta merupakan kader penggerak terselenggaranya kegiatan posyandu secara optimal. Selain itu beliau juga menekankan pentingnya Pokjanal Posyandu sebagai kelompok kerja operasional yang tugas dan fungsinya meningkatkan koordinasi, pembinaan, fasilitasi, advokasi dan bantuan yang berkaitan dengan fungsi dan kinerja posyandu sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2007.

Pertemuan koordinasi ini dihadiri para pemangku kepentingan Lintas Program dan Lintas Sektor antara lain Dinas Kesehatan Kab. Banyuasin, TP PKK Banyuasin, UPT PKM Pangkalan Balai, Bappeda & Litbang Kab. Banyuasin, Kader Tanjung Agung Kec. BA III, IBI Banyuasin, UPT.PKM Pengumbuk, Kades Terentang, Kemenag Banyuasin, Kesra Setda Kab. Banyuasin, DPPKB PP & PA Kab. Banyuasin, Dinas Pertanian Kab. Banyuasin, Disdukcapil Kab. Banyuasin, Dinas Koperindag Kab. Banyuasin, Dinsos Kab. Banyuasin, Kades Tanjung Agung, Persagi Banyuasin,  Dinas PMD Kab. Banyuasin , UPT PKM Talang Jaya Betung dengan peserta yang hadir mencapai 25 orang.

Sedangkan dalam laporannya, H. Imam Subroto, SKM., M.Kes., selaku Ketua penyelenggara menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dari diselenggarakannya pertemuan koordinasi ini adalah untuk mengintensifkan pertemuan anggota pokjanal posyandu provinsi, pokjanal posyandu kabupaten /kota serta para pemangku kepentingan terkait.  Selain itu ajang pertemuan koordinasi ini bertujuan sebagai forum untuk memaparkan rencana pelaksanaan program dan kegiatan serta sebagai sarana penyamaan persepsi seluruh pemangku kepentingan dalam menunjang kemajuan pokjanal posyandu dalam pengembangan posyandu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *