Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin (dr. H. Masagus M .Hakim, M.Kes), untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan nasional diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu dan pelayanan kesehatan baik yang disediakan oleh pemerintah maupun swasta. Puskesmas dan Klinik merupakan ujung tombak dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Masyarakat mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan aman baik pelayanan kesehatan yang bersifat promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif.

Puskesmas dan Klinik sebagai gate keeper dalam memberikan pelayanan klinis kepada masyarakat, harus dapat menyediakan pelayanan klinis tingkat pertama yang aman dan bermutu. Para pengelola dan praktisi yang menyediakan pelayanan kesehatan di Puskesmas dan Klinik, perlu mengupayakan keselamatan dan meminimalkan risiko dalam pelayanan baik bagi pasien, petugas kesehatan yang menyediakan pelayanan, dan risiko terhadap lingkungan dan masyarakat.

Untuk menilai apakah sistem pelayanan klinis dan sistem manajemen mutu di Puskesmas dan Klinik berjalan dengan baik, aman dan minimal dari risiko, serta selalu dilakukan upaya perbaikan proses pelayanan secara berkesinambungan dan konsisten, maka perlu dilakukan penilaian akreditasi terhadap Puskesmas dan Klinik dalam memberikan pelayanan klinis kepada masyarakat. Permenkes No. 46 tahun 2015 mengamanatkan bahwa Puskesmas dan Klinik Pratama wajib terakreditasi setiap 3 (tiga) tahun. Sejalan dengan itu maka diperlukan pemahaman yang tepat terkait keselamatan pasien dan manajemen risiko, agar dapat mengimplementasikan secara optimal dalam penyediaan pelayanan kesehatan di Puskesmas dan Klinik. ,- tegas epala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin (dr. H. Masagus M .Hakim, M.Kes)

Sarana pelayanan kesehatan merupakan tempat yang diketagorikan tidak aman, sekitar 10% pasien yang di rawat disarana pelayanan kesehatan di Negara maju dal lebih dari 10% di Negara berkembang mengalami kejadian yang tidak di harapkan.

Tidak hanya pelayanan klinis saja yang berisiko terhadap pasien, pengunjung dan lingkungan tetapi kegiatan-kegiatan dalam peyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat juga berisiko terhadap keselamatan sasaran, kegiatan, masyarakat dan lingkungan.

Pelayanan kesehatan yang tidak menjamin keselamatan bagi pasien, pengunjung dan pengguna pelayanan akan menjadi beban bagi masyarakat, pemerintah dan sarana kesehatan sendiri.  Untuk risiko – risiko yang mungkin terjadi dalam pelayanan kesehatan perlu di identifikasi dan dikelolah dengan baik untuk mengupayakan keselamatan pasien, pengunjung dan masyarakat yang dilajani. Untuk dapat melakukan upaya keselamatan pasien dan manajemen risiko di sarana kesehatan maka dibutuhkan kompetensi petugas.

Adapun UPT Puskesmas Kabupaten Banyuasin yang mengikuti kegiatan tersebut.

Gelombang I ( Tanggal 9 sd 10 April 2018 )

  1. Puskesmas Tanjung Lago
  2. Puskesmas Cintamanis
  3. Puskesmas Telang Jaya Telang
  4. Puskesmas Daya Utama
  5. Puskesmas Semuntul
  6. Puskesmas Sukaraja
  7. Puskesmas Pengumbuk

Gelombang II ( Tanggal 12 sd 13 April 2018 )

  1. Puskesmas Simpang Rambutan
  2. Puskesmas Gasing
  3. Puskesmas Muara Telang
  4. Puskesmas Margomulyo
  5. Puskesmas Srikaton
  6. Puskesmas Sungsang
  7. Puskesmas Petaling
  8. Talang Jaya Betung

a. Tujuan Umum

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu melakukan upaya keselamatan pasien dan manajemen risiko di Puskesmas masing-masing

b. Tujuan Khusus

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu :

  1. Memahami konsep mutu dan keselamatan pasien
  2. Memahami standar akreditasi FKTP yang terkait dengan keselamatan pasien dan manajemen risiko
  3. Memahami Konsep manajemen risiko dalam pelayanan kesehatan di FKTP
  4. Melakukan Identifikasi risiko dalam pelayanan klinis di FKTP
  5. Melakukan analisis risiko dengan mengunakan Severity Assesment, RCA dan FMEA di FKTP
  6. Menerapkan Manajemen risiko pada penyelenggaraan UKM di FKTP
  7. Melakukan Penyusunan register risiko di FKTP

c. Tempat

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Emilia Jl. Letkol Iskandar No. 18 24 Ilir Bukit Kecil Palembang

d. Penyelenggara

Seksi Pelayanan Administrasi Perizinan Dan Akreditasi Sarana Dan Sumber Daya Kesehatan Kabupaten Banyuasin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *