Dinas Kesehatan Banyuasin mengadakan pertemuan lintas sektor tentang pemanfaatan dana desa dengan mengundang kepala desa. Narasumber dari Bappeda dan Litbang Kabupaten Banyuasin, PMD Kabupaten Banyuasin dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan.

Dana desa yang dimaksud adalah yang diatur dalam Undang – Undang nomor 6 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2014 tentang Dana Desa. Dana Desa adalah dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara yang diperuntukan bagi desa yang ditransfer melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten/ Kota dan digunakan untuk membiayai Penyelenggaraan Pemerintahan, Pelaksanaan Pembangunan, Pembinaan Kemasyarakatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Dana desa merupakan salah satu bentuk nyata implementasi agenda Nawacita, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan. Jadi filosofi dana desa ialah Meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan desa melalui peningkatan pelayanan public di desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa dan memperkuat masyarakat desa sebagai subjek pembangunan.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas yang diwakiili Sekertaris Dinas Kesehatan mengatakan  ”ingin menyampaikan atau mengingatkan kembali, sekirannya dana desa diprioritaskan untuk pelaksanaan program dan kegiatan dibidang Pemberdayaan Masyarakat desa paling sedikit 15 % sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 03 Tahun 2017″. Kegiatan pemberdayaan masyarakat desa yang diprioritaskan antara lain yaitu dukungan pelayanan sosial dasar dibidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan anak serta pemberdayaan masyarakat marginal dan anggota masyarakat desa penyandang disabilitas.

Dengan diadakannya pertemuan ini diharapkan Desa dapat mengalokasikan dana desanya untuk kegiatan Upaya Kesehatan bersumber Masyarakat (UKBM). Sesuai dengan Rencana Strategis Kementrian Kesehatan RI bahwa desa telah memanfaatakan dana desanya 10 % untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *