Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin menyiapkan posko kesehatan di jalur mudik lebaran tahun 2017 yang terletak di jalan Lintas Timur Sumatera, antara Banyuasin dan Palembang.

Sedikitnya ada 5 posko yang akan disiagakan hingga H+7 di kabupaten yang akan dilewati para pemudik ini diantaranya Pos Sukajadi, Pos Pangkalan Balai, Pos Betung, Pos Pulau Harapan dan Pos  Sungai Dua kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin, dr. Mgs Agus Hakim, M.Kes, melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr. Hj. Eka Mutika, M.Kes  , Senen, 19/6).

Selama musim mudik Lebaran, posko pelayanan kesehatan tersebut siap memberikan pelayanan kepada pemudik yang mengalami gangguan kesehatan dalam perjalanan ke kampung halaman.

Disetiap posko kesehatan, Dinkes Banyuasin menempatkan 10 petugas kesehatan, 1 unit mobil ambulance  dilengkapi unit reaksi cepat (URC)) dan 1 dokter jaga yang di back up puskesmas setempat. Dokter jaga standby 1X24 jam setiap harinya.

“Posko pelayanan kesehatan di titik strategis jalan lintas ini fungsinya untuk melayani masyarakat pada arus mudik dan balik Lebaran H-7 dan H+7 lebaran,” lanjutnya.

Posko-posko pelayanan kesehatan ini akan beroperasi selama 24 jam lengkap dengan satu unit mobil ambulance dan para tenaga medis yang akan bekerja bergantian setiap harinya untuk membantu masyarakat maupun pemudik yang butuh pertolongan.

Pelayanan kesehatan di posko-posko ini diberikan untuk pertolongan pertama seperti luka ringan, sedangkan untuk luka berat akan dirujuk ke pusat pelayanan kesehatan atau rumah sakit terdekat RSUD Banyuasin sehingga para pemudik bisa tetap sehat sampai di kampung halaman.

Setiap posko dibantu petugas dari kepolisian, Dishub, dan Satpol PP.

Tips Agar Selama Perjalanan Aman

1. Istirahat yang cukup

2. Jangan memaksakan diri, kalau memang mengantuk silahkan mampir ke  posko untuk beristirahat atau tidur.

3. Sebelum perjalanan jauh minum vitamin saat sahur dan berbuka.

4. Berkendara diatas 8 jam beresiko kecelakaan. Sebaiknya istirahat minimal 2 jam.

5. Jangan mengkonsusmsi minum beralkohol dan narkotika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *