Pelatihan Konselor VCT HIV/ AIDS / IMS ini diselenggarakan pada hari senin tanggal 7 Agustus 2017 di Bapelkes. Acara dibuka langsung oleh Kadinkes Banyuasin Bpk. dr.H.Masagus M Hakim,M.Kes. Peserta dari kegiatan ini adalah konselor Klinik VCT Di Puskesmas Kabupaten Banyuasin.

saat i7 layanan VCT yang sudah di set up. sementara itu  pada tahun 2017 ditemukan  sebanyak 5 orang HIV dan 2 orang AIDS. Dengan 2 orang  ODHA telah meninggal dunia. Sehingga  jumlah  ODHA (orang dengan HIV AIDS)  di Kabupaten Banyuasin hingga saat ini berjumlah  63 orang.

Wilayah yang mempunyai kelompok resiko tinggi untuk penemuan HIV/AIDS adalah Kecamatan Talang Kelapa, Betung, Sembawa dan Banyuasin III, Pulau Rimau, Gasing, Kenten, serta Mariana.

Dalam upaya pencegahan HIV/AIDS/IMS ini perlu dilakukannnya pengembangan layanan berupa  set up layanan VCT di berbagai Puskesmas. Mengingat semua orang berpotensi terkena HIV /AIDS, maka butuh akses layanan yang dekat dan mudah dijangkau masyarakat sehingga deteksi dini HIV/AIDS secara cepat dilakukan dan diobati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *